Saturday

Diagnosis Sputum (Riak, Tan) +

Sputum (Tan) atau riak merupakan ekskreta dari organ paru dan trakea. Berbentuk pekat, lengket dan terjadi akibat adanya disfungsi paru dan limpa sebagai dampak gagalnya metabolisme cairan. Oleh karena itu Traditional Chinese Medicine (TCM) menyebutkan 'limpa merupakan sumber sputum, dan paru merupakan wadah sputum'























Sputum kekuningan dan lengket atau liat dan menggumpal dinamakan sputum-panas. Diproduksi oleh angin panas-eksogen atau oleh akumulasi panas endogen yang menguapi paru.

Sputum keputihan, licin dan encer merupakan sputum dingin atau sputum lembab yang terbentuk akibat perlukaan yang-qi oleh dingin, kegagalan qi mengubah cairan serta akumulasi kelembaban. Sputum ini dapat pula disebabkan oleh defisiensi organ limpa.

Sputum yang kuantitasnya hanya sedikit namun lengket sehingga sukar didahakkan atau sputum yang menyertai batuk non-produktif dinamakan sputum kering. Terjadi akibat patogen kering menyerang paru dan penyakit eksogen yang menyebabkan defisiensi cairan tubuh.

Sim Kie Jie (2002) sendiri membagi tan menjadi 3 macam : tan-dingin, tan-panas dan tan-lembab. Tan-dingin berwarna putih dan encer, dalam klinik biasanya dibarengi gejala-gejala lain yang menunjukkan sindrom dingin. Tan-panas berwarna kuning dan berbentuk pekat serta lengket. Sedangkan tan-lembab juga berwarna putih dan encer, namun dalam klinik sering disertai gejala-gejala lembab seperti badan terasa berat, mengantuk, kembung dan selaput lidah tebal.

Ludah (Xian)

Ludah adalah sekresi mulut yang agak pekat dan berhubungan dengan ginjal, limpa dan lambung. Cairan tubuh yang minim mengakibatkan volume ludah berkurang sehingga mulut dan tenggorokan terasa kering.

Keadaan ini sering dijumpai pada penyakit eksogen yang mengakibatkan dehidrasi atau gangguan internal serta penyakit kronis yang ditandai dengan defisiensi qi-limpa, kegagalan qi mengubah cairan atau insufisiensi yin-ginjal.

Air Liur (Tuo)

Air liur merupakan sekresi mulut yang bentuknya encer dan berkaitan dengan limpa. Anak-anak atau orang dewasa yang sering meneteskan air liur dari sudut mulut biasanya diakibatkan oleh kegagalan limpa mengontrol cairan.

Mukus (Mucus)

Mukus atau ingus merupakan cairan pekat yang dihasilkan oleh hidung dan merupakan salah satu cairan yang mempunyai korelasi dengan paru. Melalui pengamatan terhadap mukus, keadaan qi-paru dan sifat faktor patogen dapat terpantau.

Hidung yang tersumbat oleh mukus jernih mengindikasikan invasi angin-dingin eksogen, sedangkan ingus yang kekuningan dan keruh menunjukkan angin panas eksogen atau angin dingin yang telah ditransformasikan menjadi panas.

Sumber Bacaan :

Diagnosis TCM. Irwan Hendrata Widjaja & Ivan Hardi. Andromedia. Sidoarjo. 2009.

Ilmu Akupuntur. Sim Kie Jie. Grasindo. Jakarta. 2002.

Semoga Bermanfaat