Thursday

Kiat Jitu Atasi Flu dengan Bekam

Tulisan berikut diambil dari : http://yarobbi.com/resep/flu-bisakah-di-bekam, Penulis : dr. Ali Ridho

Flu yang sering menyerang manusia adalah suatu penyakit yang gampang dan sering terjadi. Flu di dalam kedokteran tradisional masuk dalam kategori penyakit yang disebabkan oleh angin, maka sering dikenal oleh orang umum kalau orang sedang terkena flu maka dikatakan ia sedang masuk angin.

Apa itu angin?

Angin dianggap sebagai salah satu dari enam patogen eksternal yang dapat menyerang tubuh dan menimbulkan gejala. Tubuh kita dilindungi oleh apa yang dikenal sebagai (qi defensif) wei qi juga dikenal sebagai sistem kekebalan tubuh kita. Ini adalah baris pertama pertahanan tubuh kita. Ketika kita kuat dan sehat, wei qi kita selalu siaga, menjaga pori-pori kulit kita tertutup dan mencegah angin masuk. Namun ketika kita dalam kondisi sangat letih, kurang istirahat yang cukup, makan buruk atau berpakaian tidak tepat untuk kondisi cuaca tertentu, membuat Wei Qi menjadi terganggu, sehingga pori-pori terbuka dan angin masuk ke dalam tubuh.

Hal ini menjelaskan mengapa ketika kita mengalami fase awal dari masuk angin kita merasa kedinginan, kepekaan terhadap angin dan nyeri tubuh. Angin masuk ke tubuh melalui meridian dan menghalangi aliran energi di dalamnya. Maka tindakan terapinya adalah mengeluarkan keringat sehingga angin akan keluar dari tubuh. Selain itu angin dapat membawa patogen lain sehingga bisa berupa angin panas atau dingin angin, yang metode terapinya akan berbeda.

Angin merupakan Qi yang banyak terdapat pada musim semi tetapi bisa juga terdapat pada musim lainnya. Angin mudah menyerang tubuh setelah berkeringat atau ketika tidur.

Angin adalah faktor patogen eksogen primer, karena dingin, lembab, kering dan panas. Kesemuanya bergantung pada angin untuk menyerang tubuh. Angin patogen dapat pula bergabung dengan riak membentuk riak angin dalam meridian.

Angin adalah faktor patogen Yang dan ditandai oleh penyebaran ke atas dan ke luar. Karena itu dengan mudah akan menyerang bagian atas tubuh seperti kepala dan muka, dan bagian luar tubuh, yang menyebabkan gangguan pembukaan dan penutupan pori-pori. Manifestasi klinis adalah nyeri kepala, sumbatan hidung, tenggorokan gatal atau nyeri, pembengkakan muka takut angin dan berkeringat.

Angin di alam bertiup kuat dan ditandai dengan perubahan cepat. Kelainan yang disebabkan oleh angin patogen karenanya ditandai oleh gejala yang berpindah, perubahan cepat dan timbul tiba-tiba. Sebagai contoh, nyeri sendi berpindah-pindah disebabkan oleh angin patogen yang disebut bi angin.

Angin ditandai oleh gerakan yang menetap. Angin patogen yang bergerak dalam tubuh dapat menyebabkan pusing, vertigo, vomitus, kejang dan opistotonus. Sebagai contoh adalah tetanus dan deviasi mulut dan mata dengan spasme otot.

Karena flu ini masuk dalam kategori penyebab penyakitnya adalah angin, maka dalam pembagian sindromnya didalam ilmu kedokteran tradisional masuk dalam sindrom permukaan karena angin dingin maupun angin panas yang semuanya mempunya gejala seperti flu ( batuk, pilek, badan meriang, greges greges, pusing, badan pegel dan lain lain)

Sindrom Permukaan

Sindrom permukaan disebabkan oleh serangan faktor patogen dari lingkungan luar pada permukaan tubuh, mulut, atau hidung. Sindrom ini biasanya bersifat ringan dan cepat sembuh.

Manifestasi klinis yang muncul adalah demam ringan, takut angin dan dingin, tidak haus, hidung buntu dengan lendir encer, nyeri kepala, nyeri badan, nyeri tenggorokan, batuk, lapisan lidah berwarna putih dan tipis, serta nadi superficial.

Sindrom angin dingin

Sindrom ini disebabkan oleh serangan faktor patogen angin-dingin. Manifestasi klinis yang muncul adalah batuk, sputum berwarna putih dan encer, obstruksi hidung, lendir jernih, nyeri kepala, nyeri tubuh, demam rendah, takut angin-dingin, tidak haus, tidak berkeringat, lapisan lidah berwarna putih, serta nadi superficial dan tegang.

Terapi dengan menggunakan BEKAM API

Menurut TCM Bekam Api adalah pengeluaran pathogen yang berlebih/ekses. Unsur yang dikeluarkan dalam bekam api adalah: angin, dingin dan lembab . Teknik ini sangat bagus untuk menangani sindrom Shi/ Kuat, Dingin, lembab, dan sindrom Yin .
Sindrom angin panas

Sindrom ini disebabkan oleh serangan faktor patogen angin panas. Manifestasi klinis yang muncul adalah batuk, sputum kental dan berwarna kuning, obstruksi hidung, lendir kental dan kuning, demam, sedikit takut angin dingin, mulut dan tenggorokan kering, lidah merah dengan lapisan lidah kuning tipis, serta nadi superficial dan cepat.

Terapi = BEKAM BASAH atau BEKAM KERING

Menurut Tradisional Chinese Medicine ( TCM ) Bekam basah adalah teknik pengeluaran pathogen yang berlebih/ekses. Unsur yang dikeluarkan dalam bekam basah adalah: Xue/darah, Angin, panas dan Api. Teknik ini sangat bagus untuk menangani sindrom Shi/ Kuat, Re/Panas Ekses dan Sindrom Yang.

Menurut TCM Bekam Kering adalah pengeluaran pathogen yang berlebih/ekses. Unsur yang dikeluarkan dalam bekam kering adalah: Qi/energy, angin, panas dan Api. Teknik ini sangat bagus untuk menangani sindrom Shi/ Kuat, Re/Panas tipe Defisien dan Sindrom Yang.

Jika ada orang dengan gejala flu yang masuk dalam kategori panas permukaan maka jika panasnya belum mengkonsumsi cairan dianjurkan dengan menggunakan bekam basah. Tetapi jika terjadi defisiensi Yin maka sangat dianjurkan menggunakan bekam kering.

TITIK BEKAM YANG DIGUNAKAN :

TU 14 ( Dazhui ) / Al kahil
BL 12
BL 13
Al katifain

Semoga solusi bekam sinergi atasi flu ini bisa menginspirasi dan membuat kita semakin semangat untuk mencari dan mendalami ilmu bekam/Cupping Therapy/ Hijamah ini. Sinergi, “Jelas membuat bekam lebih baik” [Ali Ridho].