Wednesday

Titik Wu-Shu (5 Titik Arus) / Titik Ibu Anak

Penggunaan lima titik shu (arus) dikenal luas di dalam dunia akupuntur, sehingga dikenal istilah 'tangan tidak melampaui siku, kaki tidak melewati lutut'. Kalimat tersebut mengisyaratkan bahwa akupoin-akupoin tersebut terletak di distal siku dan lutut, dan merupakan akupoin 12 meridian yang aman sekaligus mudah dicapai.

















Dari hikayat cerita penduduk tiongkok kuno, titik 5 arus digunakan akupunturis istana kaisar Cina untuk mengobati istri dan para selir raja, dimana para tabib dilarang keras untuk melakukan terapi melebihi siku dan lutut. Secara umum teknik titik akupoin wu-shu digunakan untuk mengobati sindrom pada organ, meskipun demikian dapat pula digunakan untuk terapi sindrom meridian.

Unsur titik-titik tersebut adalah : (1) Jing (sumur) (2) Ying (mata air) (3) Shu (arus) (4) Jing (sungai) dan (5) He (laut).

Penguasaan terhadap teori wu-xing merupakan prasyarat penggunaan titik wu-shu. Untuk organ yin, titik (1) Jing (sumur) berunsur Kayu (2) Ying berunsur Api (3) Shu berunsur Tanah (4) Jing (Sungai) berunsur Logam dan (5) He berunsur Air. Atau biasa disingkat KATLA. Adapun contoh titik akupoinnya untuk meridian taiyin-tangan paru (LU) sebagai berikut :

(K) Jing (Sumur) : LU11 (Shaoshang)
(A) Ying : LU10 (Yuji)
(T) Shu : LU09 (Taiyuan)
(L) Jing (Sungai) : LU08 (Jingqu)
(A) He : LU05 (Chize)

Karena organ paru (LU) berunsur logam maka titik pribadinya adalah LU08 karena LU08 berunsur sama yaitu logam (Jing-Sungai). Sehingga demikian LU09 menjadi titik ibu dan LU05 menjadi titik anak.

Sedangkan untuk organ yang, titik (1) Jing (Sumur) berunsur Logam (2) Ying berunsur Air (3) Shu berunsur Kayu (4) Jing (Sungai) berunsur Api dan (5) He berunsur Tanah. Atau biasa disingkat LAKAT. Adapun contoh titik akupoinnya untuk meridian yangming-kaki lambung (ST) sebagai berikut :

(L) Jing (Sumur) : ST45 (Lidui)
(A) Ying : ST44 (Neiting)
(K) Shu : ST43 (Xiangu)
(A) Jing (Sungai) : ST41 (Jiexi)
(T) He : ST36 (Zusanli)

Karena organ lambung (ST) berunsur tanah, maka titik pribadinya adalah ST36 karena ST36 berunsur sama yaitu tanah (He). Sehingga demikian ST41 menjadi titik ibu dan ST45 menjadi titik anak.

Teknik Terapi

Dalam terapi menggunakan akupoin wu-shu maka berlaku kaidah : (1) sedasi anak untuk sindrom ekses (2) tonifikasi ibu untuk sindrom defisien.

Contoh : Jika terjadi sindrom yang-re-shi-biao (atau ekses) organ lambung (ST), maka yang disedasi adalah titik anak yaiyu ST45 (Lidui). Sedangkan jika terjadi sindrom yin-han-xu-li (atau defisien) organ paru (LU) maka yang ditonik adalah organ Ibu, dalam hal ini LU09 (Taiyuan).

Keluhan Tambahan

Jika pada sindrom organ tersebut terdapat tambahan keluhan dari pasien, maka titik akupoin wu-shu memiliki berbagai macam manfaat,

Titik Jing (Sumur) : bermanfaat untuk mengatasi keluhan penuh epigastrum
Titik Ying : bermanfaat untuk mengatasi keluhan demam
Titik Shu : bermanfaat untuk mengatasi keluhan pegal-pegal dan sakit pada sendi
Titik Jing (Sungai) : bermanfaat untuk mengatasi keluhan batuk
Titik He : bermanfaat untuk mengatasi keluhan diare.

Sumber Bacaan :

Terapi Akupuntur. Irwan Hendrata Widjaja & Ivan Hardi. Andromedia. Sidoarjo. 2009.

Five Shu Points. Peter Deadman. Journal of Chinese Medicine No. 42. May 1993.

Semoga bermafaat
budi ari