Wednesday

Jing

Jing (jing-ginjal) adalah essence (atau sari-pati), yang mana di dalam tubuh memiliki fungsi : (a) membantu proses pertumbuhan, reproduksi dan perkembangan (b) sumber dari qi-ginjal (c) zat yang memproduksi sumsum, baik cairan sumsum di otak, sumsum tulang belakang dan syaraf tulang belakang (d) bersama qi-pertahanan (wei-qi) membantu mempertahankan tubuh dari serangan patogen luar, dan (e) dasar dari '3 Harta Karun', yaitu : jing-qi-shen.

Jing sendiri dibagi menjadi 3 bagian utama :

(1) jing-prenatal / jing-bawaan
(2) jing-postnatal / jing-perolehan
(3) jing-ginjal

Jing-Bawaan (Prenatal-jing)

Kehamilan menurut TCM merupakan gabungan jing-ayah (bersifat yang) dan jing-ibu (bersifat yin). Setelah membentuk janin (embrio kemudian fetus), jing-bawaan menutrisi janin tersebut. Maka dari itu, jing yang terdapat pada janin hanyalah jing-bawaan dan jing-bawaan itulah yang membuat setiap individu menjadi unik.






















Selain jing-bawaan, janin juga membawa ming-men yang berguna untuk menghangati tubuhnya sendiri. Keduanya pun masih tetap eksis hingga proses kelahiran berlangsung. Pada saat bayi dan anak tumbuh dewasa (memasuki masa puber), jing-bawaan berubah menjadi jing-ginjal yang ditandai dengan menghasilkan darah haid pada perempuan dan sperma pada laki-laki.

Jing-Perolehan (Posnatal-jing)

Jing-perolehan adalah jing hasil pengolahan organ lambung (ST) dan limpa (SP).

Jing-Ginjal

Jing-ginjal terbentuk dari jing-bawaan (prenatal-jing) & jing-perolehan (post natal-jing). Jing-bawaan merupakan jing yang dibawa dari lahir dan berasal dari kedua orang tua, sedangkan jing-perolehan adalah jing hasil pengolahan organ lambung (ST) dan limpa (SP).

Jing-ginjal tersimpan di dalam organ ginjal dan bersirkulasi di dalam tubuh, terutama melalui 8 meridian istimewa. Jing-ginjal ini mempunyai fungsi sangat penting di dalam tubuh, yaitu : menentukan pertumbuhan, reproduksi, perkembangan, kematangan seksual, kehamilan, menopouse dan lainnya.

Sindrom Jing-Ginjal Defisien

Manifestasi Klinis

Pada anak-anak : pertumbuhan tulang yang kurang baik, ketulian, lemah mental dan lainnya. Pada orang dewasa : kerapuhan tulang, rambut rontok, beruban pada umur yang masih muda, kelemahan pada aktivitas seksual, infertilitas, sakit pada pinggang belakang , lutut yang lemah dan lainnya.

Etiologi

Beberapa hal yang bisa menjadi sebab jing-ginjal defisien : faktor keturunan (misalnya ketika kehamilan kondisi kesehatan ibu sedang tidak baik), kehilangan banyak darah, aktivitas seksual yang berlebihan dan lainnya.

Patologi

Ketika jing-ginjal defisien, maka sumsum (marrow) tidak akan terbentuk sempurna dan tidak dapat menutrisi tulang (termasuk kehilangan gigi). Sumsum juga akan tidak optimal mengisi otak sehingga menyebabkan faktor intelegensia menurun. Jing-ginjal juga mendominasi pertumbuhan rambut di kepala sehingga kekurangan jing-ginjal dapat menyebabkan rambut rontok dan beruban secara prematur. Aktivitas seksual juga dipengaruhi oleh jing-ginjal. Jing-ginjal defisien dapat merupakan kelanjutan dari sindrom sindrom yin-ginjal defisien atau yang-ginjal defisien.

Prinsip Terapi

Menutrisi jing-ginjal dan mentonifikasi organ ginjal.

Titik Terapi yang Dipilih

KI-03 (tonik yin dan jing-ginjal), KI-06 (tonik yin-ginjal), BL-23 (tonik organ ginjal), CV-04 (tonik jing), GB-39 (tonik sumsum tulang) dan lainnya.

Sumber Bacaan

The Foundation of Chinese Medicine. Giovanni Maciocia. Elsevier. 2nd Edition. 2005.

Semoga Bermanfaat