Wednesday

Hubungan Kosmologi

Hubungan kosmologi yang menempatkan elemen tanah (limpa/lambung) sebagai pusat dijelaskan di beberapa buku pengobatan Cina kuno. Jin Gui Yao Lue Fang Lun (Discussion of Prescription from the Golden Chest) yang diterbitkan pertama kali tahun 220 M menyebutkan fungsi penting unsur tanah,

"During the last period of each season, the spleen is strong enough to resist pathogenic factors ... "

Kemudian Zhang Jie Bin dalam Lei Jing (Classic of Categories, terbit pertama kali 1624 M) mengatakan,

"Limpa dimiliki oleh bumi/tanah yang menempati posisi pusat ..."








Ada beberapa kata kunci dalam hubungan kosmologi :

(1) Unsur air sebagai fondasi/dasar. Ginjal merupakan fondasi yin dan yang. Organ ginjal tidak hanya menguasai air dan sebagai tempat penyimpanan jing, namun juga menyimpan ming-men. Artinya, organ ginjal merupakan sumber air dan api, disebut juga sebagai 'original-yin' dan 'original yang'

(2) Axis vertikal ginjal-jantung. Hubungan antara organ ginjal (air) dan jantung (api) merupakan hubungan langsung serta merefleksikan fondasi keseimbangan tubuh atau keseimbangan antara yin dan yang. Ginjal menguasai air dan mengalirkannya ke atas untuk menutrisi jantung. Sementara itu jantung menguasai api dan mengobarkannya ke bawah untuk menghangatkan ginjal. Hubungan keduanya adalah saling membantu dan menutrisi.

(3) Lambung dan limpa sebagai pusat. Lambung dan limpa adalah asal muasalnya qi dan xue, maka itu lambung dan limpa menutrisi seluruh organ tubuh yang lain. Mentonifikasi lambung dan limpa secara tidak langsung mentonifikasi seluruh organ lain.

(4) Lambung dan limpa sebagai organ pendukung utama organ jantung. Pada kasus kronis qi-jantung atau xue-jantung defisien, maka perlu melakukan tonifikasi pada lambung.

(5) Axis vertikal merupakan simbol hubungan jing-qi-shen. Hubungan axis vertikal dari air-tanah-api merupakan simbol hubungan jing-qi-shen yang mana ketiganya merupakan sumber energi bagi fisik ataupun mental. Jing berasal dari ginjal, qi berasal dari lambung dan limpa, serta shen berada di dalam organ jantung.

Sumber Bacaan :

The Foundation of Chinese Medicine. Giovanni Maciocia. Elsevier. 2nd edtion. 2005.

Semoga Bermanfaat.