Sunday

Qi

Qi merupakan substansi esensial tubuh yang memelihara aktivitas organ zang fu, fungsi fisiologis dan jaringan tubuh serta meridian. Semua aktivitas vital manusia terjadi karena perubahan pergerakan dari qi. Menurut sumbernya qi dibagi dua : (1) qi keturunan atau yuan-qi dan (2) qi perolehan, yaitu jing-qi (udara yang dihirup) dan ying-qi (sari makanan). Dari kedua macam qi tersebut (keturunan dan perolehan) timbulah berbagai macam jenis qi dan fungsinya sebagaimana gambar berikut :























Penjelasan Ringkas beberapa Qi :

(1) Yuan-Qi (Qi Keturunan-Kongenital/Inborn Qi)

Qi keturunan diperoleh dari sel reproduksi kedua orang tua dan dipelihara oleh organ ginjal. Disamping itu qi keturunan mendapatkan tambahan bantuan dari qi perolehan, yang antara lain didapat dari makanan dan minuman yang diolah oleh limpa, lambung dan udara bersih yang dihirup oleh paru-paru.

Selama kehidupan manusia di dalam kandungan, yang paling berperan dalam perkembagan janin adalah qi keturunan disamping energi-energi lain yang berasal dari ibunya lewat tali pusar. Segera setelah kelahiran berlangsung, proses fisiologis normal yang biasa terjadi pada seseorang dimulai setelah tarikan nafas yang pertama dimana sistem Tri Pemanas (Three Energyzer-TE-San Jiao) mulai aktif.

Yuan-qi bertugas merangsang dan meningkatkan aktivitas fungsional organ zang-fu dan jaringan yang berkaitan. Dengan demikian tubuh akan menjadi sehat dan jarang sakit serta sebaliknya, jika kekurangan yuan-qi maka timbulah berbagai perubahan yang bersifat patologis.

(2) Zhong-qi (Pectoral Qi/Qi Dada)

Zhong-qi dibentuk dan disimpan di dalam rongga dada. Pada saat menarik nafas, udara bersih yang masuk, yang disebut jing-qi (natural air qi), kemudian bergabung dengan qi dari sari makanan (ying-qi) yang diperoleh dari limpa dan lambung dan akhirnya membentuk zhong-qi.

Fungsi zhong-qi : (i) Meningkatkan fungsi paru dalam mengontrol pernafasan. Kuat lemahnya suara juga berkaitan dengan mutu qi dada (ii) Meningkatkan fungsi jantung dalam pembuluh darah. Peredaran qi, darah, suhu tubuh serta kemampuan motorik keempat anggota badan berkaitan dengan kualitas qi dada.

(3) Ying-qi (Qi Nutrisi/Grain Qi)

Ying-qi tumbuh dan dibentuk dari qi sari makanan yang diproduksi oleh limpa dan lambung. Ying-qi beredar di dalam pembuluh darah. Fungsi utamanya membentuk darah dan beredar bersamanya, serta mengatur pemberian makanan. Ying-qi dan darah sangat erat kaitannya sehingga hubungan fungsi antara keduanya sering disebut sebagai ying-darah. Produksi ying-qi sangat membutuhkan peran yuan-qi.

(4) Zheng-qi (Qi Sejati/Energi Vital/Normal Qi)

Zheng-qi adalah perpaduan zhong-qi di rongga dada dengan yuan-qi dan akan beredar ke seluruh tubuh. Sirkulasi zheng-qi mulai dari organ paru kemudian mengikuti siklus pergerakan 5 unsur (ginjal-hati-jantung-limpa). Aliran zheng-qi yang memasuki organ akan ditahan oleh organ yang bersangkutan untuk fungsi organ tersebut (nutritive qi). Sebagian lagi akan menuju permukaan tubuh untuk pertahanan luar dan sebagian lainnya beredar di dalam sistem meridian. Sisanya melanjutkan ke organ yin berikutnya.

(5) Wei-qi (Qi Pertahanan/Protective Qi)

Fungsi wei-qi ialah melindungi permukaan otot, mempertahankan tubuh terhadap faktor patogen yag berasal dari luar, mengontrol pembukaan dan penutupan pori, melembabkan kulit dan rambut, mengatur suhu tubuh serta menghangatkan organ zang-fu.

Sumber Bacaan :

Bahan Ajar Akupuntur Dasar LADIKA 2010

Semoga Bermanfaat